Kamis, 03 Agustus 2017

Peraturan Menteri mengenai standar pendidik dan tenaga kependidikan

Posted by on Kamis, 03 Agustus 2017
Setiap Pendidik tentunya harus memahami mengenai standar pendidik dan tenaga kependidikan sesuai dengan peraturan mentri. Pendidik harus memiliki kualifikasi akademik dan kompetensi sebagai agen pembelajaran, sehat jasmani dan rohani, serta memiliki kemampuan untuk mewujudkan tujuan pendidikan nasional. Kualifikasi akademik yang dimaksudkan di atas adalah tingkat pendidikan minimal yang harus dipenuhi oleh seorang pendidik yang dibuktikan dengan ijazah dan/atau sertifikat keahlian yang relevan sesuai ketentuan perundang-undangan yang berlaku. Kompetensi sebagai agen pembelajaran pada jenjang pendidikan dasar dan menengah serta pendidikan anak usia dini meliputi:
  1. Kompetensi pedagogik;
  2. Kompetensi kepribadian;
  3. Kompetensi profesional; dan
  4. Kompetensi sosial.
Download Peraturan Menteri mengenai standar pendidik dan tenaga kependidikan

Standar pendidik dan tenaga kependidikan

Pendidik meliputi pendidik pada TK/RA, SD/MI, SMP/MTs, SMA/MA, SDLB/SMPLB/SMALB, SMK/MAK, satuan pendidikan Paket A, Paket B dan Paket C, dan pendidik pada lembaga kursus dan pelatihan. Sementara itu Tenaga kependidikan meliputi kepala sekolah/madrasah, pengawas satuan pendidikan, tenaga administrasi, tenaga perpustakaan, tenaga laboratorium, teknisi, pengelola kelompok belajar, pamong belajar, dan tenaga kebersihan.

Di dalam Peraturan Menteri mengenai standar pendidik dan tenaga kependidikan telah di atur secara lengkap apa dan bagiman pengelolaan standar pendidikan. untuk dapat memahami hal tersebut Admin telah menyiapkan beberapa file pendukung yang dapat Bapak dan Ibu miliki secara lengkap pada link berikut ini.

Download Peraturan Menteri Standar pendidik dan tenaga kependidikan



Demikianlah Artikel Peraturan Menteri mengenai standar pendidik dan tenaga kependidikan

Sekianlah artikel Peraturan Menteri mengenai standar pendidik dan tenaga kependidikan kali ini, Semoga dengan adanya file yang Admin bagikan/Share di atas bisa membantu dan memenuhi Semua Kelengakapan Administrasinya di Sekolah/ Madrasahnya masing-masing demi peningkatan mutu pendidikan dalam menghadapi era globlisai dan modernisasi.

Aplikasi/Admnistrasi Guru Lainnya :

    Tidak ada komentar:

    Posting Komentar