RPP K13 SD Kelas 1 Revisi 2017 Semester 1
Posted by
Unknown on Minggu, 24 September 2017
RPP K13 SD Kelas 1 Revisi 2017 Semester 1 - Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) adalah rencana kegiatan pembelajaran tatap muka untuk satu pertemuan atau lebih. RPP dikembangkan dari silabus untuk mengarahkan kegiatan pembelajaran peserta didik dalam upaya mencapai Kompetensi Dasar. Setiap pendidik pada suatu pendidikan berkewajiban menyusun RPP secara lengkap dan sistematis agar pembelajaran berlangsung secara interaktif, inspiratif, menyenangkan, menantang, efisien, memotivasi siswa untuk berpartisipasi aktif, serta memberikan ruang yang cukup bagi prakarsa, kreativitas, dan kemandirian sesuai dengan bakat, minat, dan perkembangan fisik serta psikologis siswa. RPP disusun berdasarkan KD atau subtema dan dilaksanakan dalam satu kali pertemuan atau lebih.Dalam pembuatan RPP bagi Anda yang baru menggunkan K13 tentunya akan membutuhkan contoh agar pembuatan RPP yang di buat bisa berjalan baik dan benar. Berikut kami sajikan gambaran dari RPP Kelas 1 K13 Hasil Revisi 2017.
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Satuan Pendidikan : SD/MI
Kelas / Semester : 1 /1
Tema : Diriku (Tema 1)
Sub Tema : Aku dan Teman Baru (Sub Tema 1)
Pembelajaran ke : 1
Alokasi waktu : 1 hari
A. KOMPETENSI INTI
1. Menerima dan menjalankan ajaran agama yang dianutnya.
2. Memiliki perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga, teman dan guru.
3. Memahami pengetahuan faktual dengan cara mengamati [mendengar, melihat, membaca] dan menanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya di rumah, sekolah.
4. Menyajikan pengetahuan faktual dalam bahasa yang jelas dan logis dan sistematis, dalam karya yang estetis dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan perilaku anak beriman dan berakhlak mulia.
B. KOMPETENSI DASAR DAN INDIKATOR
Muatan: PPKn
Kompetensi
1.2 Menunjukkan sikap patuh aturan agama yang dianut dalam kehidupan sehari-hari di rumah.
2.2 Melaksanakan aturan yang berlaku dalam kehidupan sehari-hari di rumah.
3.2 Mengidentifikasi aturan yang berlaku dalam
kehidupan sehari- hari di rumah.
4.2 Menceritakan kegiatan sesuai dengan aturan yang berlaku dalam kehidupan sehari-hari di rumah.
Indikator
1.2.1 Mematuhi sikap patuh aturan agama yang dianut dalam kehidupan sehari-hari di rumah.
2.2.1 Menjalankan aturan yang berlaku dalam kehidupan sehari-hari di rumah.
3.2.1 Menggali informasi hal-hal yang harus dilakukan sehubungan dengan aturan di rumah
4.2.1 Mempraktekan hal-hal yang harus dilakukan sehubungan dengan aturan di rumah
Muatan : Bahasa Indonesia
Kompetensi
3.9 Merinci kosa kata dan ungkapan perkenalan diri, keluarga, dan orang-orang di tempat tinggalnya secara lisan dan tulis yang dapat dibantu dengan kosakata bahasa daerah.
4.9 Menggunakan kosa kata dan ungkapan yang tepat untuk perkenalan diri, keluarga, dan orang-orang di tempat tinggalnya secara sederhana dalam bentuk lisan dan tulisan
Indikator
3.9.1 Mengidentifikasi kosa kata dan ungkapan perkenalan diri lisan atau tulis dengan tepat
4.9.1 Menggunakan kosa kata dan ungkapan perkenalan diri lisan atau tulis dengan tepat
Muatan: SBDP
Kompetensi
3.2 Mengenal elemen musik melalui lagu
4.2 Menirukan elemen musik
melalui lagu
Indikator
3.2.1 Mengidentifikasi elemen musik melalui lagu
4.2 Mempraktekan elemen musik
melalui lagu
C. TUJUAN
• Melalui lagu, siswa dapat memperkenalkan diri dengan menyebut nama panggilan.
• Melalui permainan “Suara siapakah itu?”, siswa dapat mendengar perbedaan warna suara teman.
• Saat bernyanyi dan melakukan permainan, siswa dapat menyebut nama teman dengan benar.
• Setelah selesai bernyanyi dan melakukan permainan, siswa dapat mengingat semua nama teman dengan benar dan warna suara masing-masing teman.
• Dengan berbagi cerita, siswa dapat memberikan informasi dan memeragakan tentang aturan di rumah dengan memberi salam pada orang tua saat ke luar rumah.
D. MATERI
• Bola plastik atau bola dari kertas bekas yang dibuat menjadi bentuk bola.
• Alat musik (jika ada) untuk mengiringi siswa bernyanyi atau permainan memperkenalkan diri, lirik lagu “Siapa Namamu”
• Buku Siswa.
E. PENDEKATAN & METODE
Pendekatan : Scientific
Strategi : Cooperative Learning
Teknik : Example Non Example
Metode : Permaianan, Penugasan, Tanya Jawab, Diskusi dan Ceramah
F. KEGIATAN PEMBELAJARAN
Contoh RPP di atas merupakan sekilas yang dapat kami tuliskan. Untuk lebih lengkap Bapak dan Ibu dapat mendownloadnya pada link dibawah ini secara lengkap.
Download RPP Kurikulum 2013 SD Kelas 1 Revisi 2017 Semester 1
RPP K13 Edisi Revisi 2017 SD Kelas 1 Semester 1 Tema 1 ST 1 Pembelajaran 1-6
- Tema 1 Diriku Sub Tema 1 Aku dan Teman Baru PB 1 - Download RPP
- Tema 1 Diriku Sub Tema 1 Aku dan Teman Baru PB 2 - Download RPP
- Tema 1 Diriku Sub Tema 1 Aku dan Teman Baru PB 3 - Download RPP
- Tema 1 Diriku Sub Tema 1 Aku dan Teman Baru PB 4 - Download RPP
- Tema 1 Diriku Sub Tema 1 Aku dan Teman Baru PB 5 - Download RPP
- Tema 1 Diriku Sub Tema 1 Aku dan Teman Baru PB 6 - Download RPP
RPP K13 Edisi Revisi 2017 SD Kelas 1 Semester 1 Tema 1 ST 2 Pembelajaran 1-6
- Tema 1 Diriku Sub Tema 2 Tubuhku PB 1 - Download RPP
- Tema 1 Diriku Sub Tema 2 Tubuhku PB 2 - Download RPP
- Tema 1 Diriku Sub Tema 2 Tubuhku PB 3 - Download RPP
- Tema 1 Diriku Sub Tema 2 Tubuhku PB 4 - Download RPP
- Tema 1 Diriku Sub Tema 2 Tubuhku PB 5 - Download RPP
- Tema 1 Diriku Sub Tema 2 Tubuhku PB 6 - Download RPP
Demikianlah Artikel RPP K13 SD Kelas 1 Revisi 2017 Semester 1
Sekianlah artikel RPP K13 SD Kelas 1 Revisi 2017 Semester 1 kali ini, Semoga dengan adanya file yang Admin bagikan/Share di atas bisa membantu dan memenuhi Semua Kelengakapan Administrasinya di Sekolah/ Madrasahnya masing-masing demi peningkatan mutu pendidikan dalam menghadapi era globlisai dan modernisasi.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar