Minggu, 03 September 2017

Download Perangakat Pembelajaran RPP SILABUS PROTA PROMES Kurikulum 2013 Bahasa Indonesia Revisi Kelas 7

Posted by on Minggu, 03 September 2017
Download Perangakat Pembelajaran RPP SILABUS PROTA PROMES Kurikulum 2013 Bahasa Indonesia Revisi Kelas 7 - Rencana Pelaksanaan Pembelajaran merupakan file penting yang harus dimiliki dan dibuat oleh setiap Guru yang akan melaksankan pembelajaran. Pembuatannya harus di sesuaikan dengan berbagai perangkat pembelajaran lainnya. Maka dari itu seorang Guru harus memiliki perangkat pembelajaran yang lengkap dalam hal ini Bahasa Indonesia SMP/MTs K13 Revisi 2016.

Download RPP SILABUS PROTA PROMES Kurikulum 2013 Bahasa Indonesia Kelas VII

Maka dari itu di kesempatan ini kami selaku seorang pendidik akan membagikan secara lengkap perangkat pembelajaran bahasa indonesia untuk anda Bapak dan Ibu Guru yang saat ini sedang mencari dan membutuhkan berbagai Administrasi Pembelajaran B.Indonesia Kelas 7.
Download Perangakat Pembelajaran RPP SILABUS PROTA PROMES Kurikulum 2013 Bahasa Indonesia Revisi Kelas 7

Contoh salah satu perangkat pembelajaran silabus bahasa indonesia kelas VII Semester 2

SILABUS MATA PELAJARAN : BAHASA INDONESIA

Satuan Pendidikan: SMP Negeri 1 Bakongan
Kelas/Semester: VII/GENAP

Kompetensi Inti:
KI 1: Menghargai dan menghayati ajaran agama yang dianutnya
KI 2: Menghargai dan menghayati perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, peduli (toleransi, gotong royong), santun, percaya diri, dalam 
              berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam dalam jangkauan pergaulan dan keberadaannya
KI 3: Memahami pengetahuan (faktual, konseptual, dan prosedural) berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, 
              seni, budaya terkait fenomena dan kejadian tampak mata
KI 4: Mencoba, mengolah, dan menyaji dalam ranah konkret (menggunakan, mengurai, merangkai, memodifikasi, dan membuat) dan ranah 
              abstrak (menulis, membaca, menghitung, menggambar, dan mengarang) sesuai dengan yang dipelajari di sekolah dan sumber lain yang
              sama dalam sudut pandang/teori.

KOMPETENSI DASARMATERI POKOKPEMBELAJARANPENILAIANALOKASI WAKTUSUMBER
1.1Menghargai dan mensyukuri keberadaan bahasa Indonesia sebagai anugerah Tuhan Yang Maha Esa untuk mempersatukan bangsa Indonesia di tengah keberagaman bahasa dan budaya
1.2Menghargai dan mensyukuri keberadaan bahasa Indonesia sebagai anugerah Tuhan yang Maha Esa sebagai sarana memahami informasi lisan dan tulis
1.3Menghargai dan mensyukuri keberadaan bahasa Indonesia sebagai anugerah Tuhan yang Maha Esa sebagai sarana menyajikan informasi lisan dan tulis
Terintegrasi pada KD-KD di KI 3 dan 4
2.1Memiliki perilaku jujur, tanggung jawab, dan santun dalam menanggapi secara pribadi hal-hal atau kejadian berdasarkan hasil observasi
2.2Memiliki perilaku percaya diri dan tanggung jawab dalam membuat tanggapan pribadi atas karya budaya masyarakat Indonesia yang penuh makna
2.3Memiliki perIlaku kreatif, tanggung jawab, dan santun dalam mendebatkan sudut pandang tertentu tentang suatu masalah yang terjadi pada masyarakat
2.4Memiliki perilaku jujur dan kreatif dalam memaparkan langkah-langkah suatu proses berbentuk linear
2.5Memiliki perilaku percaya diri, peduli, dan santun dalam merespon secara pribadi peristiwa jangka pendek



Terintegrasi pada KD-KD di KI 3 dan 4
TEKS EKSPLANASI
3.1Memahami teks hasil observasi, tanggapan deskriptif, eksposisi, eksplanasi, dan cerita pendek baik melalui lisan maupun tulisan
 1.Pengenalan struktur teks eksplanasi
Struktur isi:
(1) judul, (2) pernyataan umum tentang suatu peristiwa  atau suatu fenomena, (3) rincian penjelasan yang berupa rangkaian paragraf yang menjelaskan tentang bagaimana sesuatu terjadi atau mengapa sesuatu terjadi, dan (4) simpulan.

Ciri Bahasa
Memuat istilah
Memuat kata sambung yang menunjukkan adanya suatu tahapan
Struktur kalimatnya menggunakan kata sambung yang menunjukkan hubungan sebab-akibat
Menjelaskan kondisi  (menjelaskan fenomena bukan menceritakan masa lalu)
Mengamati :
Memahami alam sekitar/lingkungan melalui gambar, tayangan, lagu, puisi, dll.
Membaca teks eksplanasi dengan cermat
Menanya
mempertanyakan tentang teks eksplanasi ( struktur dan ciri-ciri bahasa)
Mengeksplorasikan
Menjawab/mengajukan pertanyaan isi teks eksplanasi (pertanyaan literal, inferensial, integratif, kritis)
Mendiskusikan  struktur isi teks eksplanasi
(1) judul, 
(2) pernyataan umum tentang suatu peristiwa  atau suatu fenomena,
 (3) rincian penjelasan yang berupa rangkaian paragraf yang menjelaskan tentang bagaimana sesuatu terjadi atau mengapa sesuatu terjadi, dan 
(4) simpulan
Mendiskusikan  ciri bahasa teks hasil eksplanasi (kata sambung untuk penahapan dan kata sambung yang menunjukkan sebab akibat)
Mengasosiasikan
Menemukan contoh teks eksplanasi yang pernah dilihat/didengar/dibaca berdasarkan pemahaman yang telah diperoleh 
Mengomunikasikan
Menjelaskan teks eksplanasi dari segi struktur dan ciri bahasaJenis Tagihan:
Tugas individu, menenmukan contoh teks eksplanasi
Tugas kelompok, mengidentifikasi  struktur isi dan ciri bahasa teks eksplanasi
Tes tertulis, menjawab/mengajukan pertanyaan terkait isi teks eksplanasi

Bentuk Instrumen:
Unjuk  kerja, mempresentasikan hasil diskusi 
Uraian bebas dan pilihan ganda, mengidentiifikasi struktur isi dan ciri bahasa teks eksplanasi dan menjawab /mengajukan pertanyaan tentang isi teks eksplanasi
Format pengamatan sikap untuk menilai rasa percaya diri, kesantunan, dan kecermatan
1x6jpContoh teks eksplanasi dari internet
Contoh teks eksplanasi dari media massa cetak
Buku referensi tentang genre teks
1.1
1.2
1.3
2.1
2.2
2.3
2.4
2.5
3.2Membedakan teks hasil observasi, tanggapan deskriptif, eksposisi, eksplanasi, dan cerita pendek baik melalui lisan maupun tulisan
1.Perbedaan teks eksplanasi dengan teks eksposisi dilihat dari struktur isi 
2.Perbedaan teks eksplanasi dengan teks eksposisi dilihat dari fitur bahasanyaMengamati
Membaca teks hasil observasi dengan cermat
Membaca contoh teks deskripsi
Menanya
mendorong siswa mempertanyakan tentang struktur dan ciri-ciri bahasa teks observasi 
Mengeksplorasi
Mendiskusikan persamaan teks eksplanasi dan eksposisi dari struktur isinya
Mendiskusikan perbedaan teks eksplanasi  dan eksposisi dari  fitur bahasanya
Mengasosiasi
Mengidentifikasi teks-teks yang eksplanasi yang pernah dibaca/didengar berdasarkan hasil pemahaman
Mengomunikasi
Menjelaskan struktur teks eksplanasi
Menjelaskan ciri-ciri bahasaJenis Tagihan:
Tugas individu, menemukan perbedaan teks eksplanasi dan eksposisii dilihat dari struktur isi dan fitur bahasanya
Tugas kelompok, mengidentifikasi perbedaan struktur isi dan ciri bahasa teks eksplanasi dengan teks eksposisi
Tes tertulis, menemukan perbedaan teks eksplanasi dan eksposisi dilihat dari struktur isi dan fitur bahasanya

Bentuk Instrumen:
Unjuk kerja, menemukan contoh teks eksplanasi
Uraian bebas dan pilihan ganda, mengidentiifikasi perbedaan struktur isi dan ciri bahasa teks eksplanasi dan eksposisi
Format pengamatan sikap untuk menilai rasa percaya diri, kelugasan kalimat, dan kecermatan1x6jpContoh teks eksplanasi dari internet
Contoh teks eksplanasi dari media massa cetak
Buku referen-si tentang genre teks
3.3 Mengklasifikasi teks hasil observasi, tanggapan deskriptif, eksposisi, eksplanasi, dan cerita pendek baik melalui lisan maupun tulisan  Klasifikasi teks eksplanasiMengamati
Membaca dua buah teks eksplanasi dan eksposisi secara cermat
Menanya
Mendorong siswa untuk mengungkapkan hal yang berkaitan dengan klasifikasi teks  eksplanasi  (struktur dan ciri bahasa)
Mengeksplorasikan
Menjawab pertanyaan tentang isi teks eksplanasi
Mendiskusikan manakah dari kedua teks tersebut yang termasuk dalam kategori teks eksplanasi dan teks eksposisi dengan memberikan alas an dan data yang mendukung
Mengasosiasikan
Mengidentifikasi  teks eksplanasi yang pernah dibaca/didengar dan mengetahui perbedaannya dengan teks lain berdasarkan struktur dan ciri-ciri bahasa yang telah dipahami
Mengomunikasikan
Menjelaskan teks eksplanasi  dari segi struktur dan ciri bahasa dengan lugasJenis Tagihan:
Tugas individu, menenmukan contoh teks eksplanasi
Tugas kelompok, mengidentifikasi  struktur isi dan ciri bahasa teks eksplanasi
Tes tertulis, menjawab/mengajukan pertanyaan terkait isi teks eksplanasi

Bentuk Instrumen:
Unjuk  kerja, mempresentasikan bentuk teks eksplanai 
Uraian bebas dan pilihan ganda, mengidentiifikasi struktur isi dan ciri bahasa teks eksplanasi dan menjawab /mengajukan pertanyaan tentang isi teks eksplanasi
Format pengamatan sikap untuk menilai rasa percaya diri, kesantunan, dan kecermatan1x6jpContoh teks eksplanasi dari internet
Contoh teks eksplanasi dari media massa cetak
Buku referensi tentang genre teks
3.4 Mengidentifikasi kekurangan teks hasil observasi, tanggapan deskriptif, eksposisi, eksplanasi, dan cerita pendek berdasarkan kaidah-kaidah teks baik melalui lisan maupun tulisan 1.Kelebihan teks eksplanasi dari aspek isi dan bahasanya
2.Kekurangan teks teks eksplanasi dari aspek isi dan bahasanya
Mengamati
Membaca teks eksplanasi dengan cermat
Membaca contoh hasil  identifikasi  kelebihan/kekurangan teks eksplanasi
Menanya
Menanya tentang hal-hal yang berkaitan dengan cara mengidentifikasi kekurangan teks eksplanasi (struktur dan ciri-ciri bahasa)
Mengeksplorasikan
Membaca teks hasil observasi  (yang struktur dan ciri-ciri bahasanya) kurang sesuai melalui pemodelan 
Mendiskusikan kelebihan teks eksplanasi yang ditemukan 
Mendiskusikan kekurangan teks eksplanasi  yang ditemukan 
Mengasosiasikan
Mengidentifikasi kekurangan/kelebihan  pada teks laporan yang pernah dibaca/didengar berdasarkan hasil pemahaman 
Mengomunikasikan
Mempresentasikan hasil diskusi tentang  kelebihan/kekurangan teks observasi (dari segi struktur dan cirri bahasa) dengan penuh rasa percaya diri
Menanggapi presentasi teman/kelompok lain secara santun dan lugasJenis Tagihan:
Tugas individu, mengidentifikasi kelebihan/kekurangan teks eksplanasi 
Tugas kelompok, menentukan kelebihan/kekurangan teks eksplanasi 


Bentuk Instrumen:
Uji petik kerja, mengidentifikasi kelebihan/kekurang-an teks eksplanasi 
Format pengamatan sikap untuk menilai rasa percaya diri, kesantunan, dan kejujuran dalam identifikasi kelebihan/kekurangan teks eksplanasi1x6jpContoh teks eksplanasi dari internet
Contoh teks eksplanasi dari media massa cetak
Buku referensi tentang genre teks
4.1Menangkap makna teks hasil observasi, tanggapan deskriptif, eksposisi, eksplanasi, dan cerita pendek baik secara lisan maupun tulisan
1.Pemahaman kata, istilah dalam teks eksplanasi
2.Pemahaman isi teks eksplanasiMengamati
Membaca teks hasil  eksplanasi
Menanya
Menanya tentang  kata  atau istilah dalam teks eksplanasi
Menanya hal yang berkaitan dengan isi tek eksplanasi
Mengeksplorasikan 
Mendiskusikan kata-kata sulit dan istilah dalam teks eksplanasi yang dibaca
Menjawab/mengajukan pertanyaan isi teks eksplanasi
(pertanyaan literal, inferensial, integratif, kritis)
Mengasosiasikan
Mengidentifikasi penggunaan kata atau istilah pada teks eksplanasi lain yang pernah dibaca/didengar berdasarkan pemahaman 
Mengomunikasikan
Menjelaskan  fungsi kata atau istilah dalam menyampaikan makna/tujuan serta ciri teksJenis Tagihan:
Tugas individu, menjawab pertanyaan isi teks eksplanasi
Tugas kelompok, menemukan kata-kata sulit dan istilah dalam teks eksplanasi yang dibaca

Bentuk Instrumen:
Tes tulis menjawab/mengaju-kan pertanyaantentang  isi teks eksplanasi
Format pengamatan sikap untuk menilai kesantunan dalam menilai jawaban teman2x6jpContoh teks eksplanasi dari internet
Contoh teks eksplanasi dari media massa cetak
Buku referensi tentang genre teks
4.2Menyusun teks hasil observasi, tanggapan deskriptif, eksposisi, eksplanasi, dan cerita pendek sesuai dengan karakteristik teks yang akan dibuat  baik secara lisan maupun tulisanLangkah Menyusun teks eksplanasi
memilih objek/fenomena yang hendak dijelaskan. 
Menuliskan pernyataan umum tentang objek/fenomena yang hendak dijelaskan (proses fotosintesis).
Menuliskan rangkaian tahapan terkait dengan fenomena yang dijelaskan (tahapan fotosintesis)
Menuliskan simpulanMengamati
Mengamati/memanfaatkan lingkungan sekitar untuk memilih objek/fenomena yang hendak dijelaskan
Menanya
Menanya tentang hal-hal yang berkaitan dengan cara menyusun teks eksplanasi
Mengeksplorasikan
1.(berkelompok)
Memilih objek/fenomena yang hendak dijelaskan 
Menuliskan pernyataan umum tentang objek/fenomena yang hendak dijelaskan (mis: proses fotosintesis, proses perkembangbiakan ikan, dll)
Menuliskan rangkaian tahapan/proses terkait dengan fenomena yang dijelaskan (tahapan fotosintesis)
Menuliskan simpulan 
Mengasosiasikan
Mengidentifikasi teks eksplanasi yang telah dibaca/didengar berdaarkan struktur teks yang telah dipelajari
Mengomunikasikan
Membacakan teks eksplanasi yang telah disusun di depan teman dengan bahasa yang lugas
2.(individu)
Mengeksplorasikan
Memilih objek/fenomena yang hendak dijelaskan 
Menuliskan pernyataan umum tentang objek/fenomena yang hendak dijelaskan (mis: proses fotosintesis, proses perkembangbiakan ikan, dll)
Menuliskan rangkaian tahapan/proses terkait dengan fenomena yang dijelaskan (tahapan fotosintesis)
Menuliskan simpulan 
Mengasosiasikan
Mengidentifikasi teks eksplanasi yang telah dibaca/didengar berdaarkan struktur teks yang telah dipelajari
Mengomunikasikan
Membacakan teks eksplanasi yang telah disusun di depan teman dengan bahasa yang lugasJenis Tagihan:
Tugas individu, menyusun teks eksplanasi
Tugas kelompok, menyusun teks eksplanasi

Bentuk Instrumen:
Uji petik kerja, menyusun teks eksplanasi
Format pengamatan sikap untuk menilai kreativitas dalam menyusun teks eksplanasi2x6jpContoh teks eksplanasi dari internet
Contoh teks eksplanasi dari media massa cetak
Buku referensi tentang genre teks
4.3Menelaah dan merevisi teks hasil observasi, tanggapan deskriptif, eksposisi, eksplanasi,  dan cerita pendek sesuai dengan struktur dan kaidah teks baik secara lisan maupun tulisan
1.Aspek penelahaan teks eksplanasi
Menelaah judul teks eksplanasi
Menelaah klasifikasi umum teks eksplanasi
Menelaah rangkaian tahapan/proses teks eksplanasi
Menelaah bahasa teks eksplanasi:diksi,  struktur kalimat, paragraf
2.Merevisi isi dan bahasa teks eksplanasi1. (berkelompok)
Mengamati
membaca teks eksplanasi yang telah ditulis kelompok lain
Menanya
menanya tentang cara menelaah teks eksplanasi

Mengeksplorasikan
Menelaah teks eksplanasi yang telah ditulis teman/kelompok lain dari aspek judul, pernyataan umum,  rangkaian tahapan/proses, dan simpulan
Merevisi teks eksplanasi sesuai degan hasil penelaahaan 
Mengomunikasikan
Membacakan hasil penelaahan di depan teman dengan kalimat lugas

2.(individu)
Mengamati
membaca teks eksplanasi yang telah ditulis kelompok lain
Menanya
menanya tentang cara menelaah teks eksplanasi
Mengeksplorasikan
Menelaah teks eksplanasi yang telah ditulis teman/kelompok lain dari aspek judul, pernyataan umum,  rangkaian tahapan/proses, dan simpulan
Merevisi teks eksplanasi sesuai degan hasil penelaahaan 
Mengomunikasikan
Membacakan hasil penelaahan di depan teman dengan kalimat lugasJenis Tagihan:
Tugas individu, menelaah teks eksplanasi yang ditulis teman
Tugas kelompok, menelaah dan merevisi  teks eksplanasi yang ditulis kelompok lain

Bentuk Instrumen:
Uji petik kerja, menelaah dan merevisi  teks eksplanasi yang ditulis teman/kelompok lain
Format pengamatan sikap untuk menilai kejujuran dalam menelaah teks eksplanasi milik teman/kelompok lain1x6jpContoh teks eksplanasi dari internet
Contoh teks eksplanasi dari media massa cetak
Buku referensi tentang genre teks
4.4 Meringkas teks hasil observasi, tanggapan deskriptif, eksposisi, eksplanasi, dan cerita pendek baik secara lisan maupun tulisanLangkah menyusun ringkasan:
membaca teks eksplanasi
mengidentifikasi intisari teks mulai dari pernyataan umum, rangkaian tahapan/proses, dan simpulanMengamati
Membaca teks  eksplanasi yang telah ditulis secara cermat
Menanya
Menanya tentang hal-hal yang berkaitan dengan cara meringkas teks eksplanasi
Mengeksplorasikan
1 (berkelompok)
Membaca kembali teks eksplanasi yang telah dibuat dalam kelompok
Menjawab/mengajukan pertanyaan isi teks eksplanasi (pertanyaan literal, inferensial, integratif, kritis)
Mengidentifikasi intisari teks mulai dari  pernyataan umum, ragkaian tahapan/proses, dan simpulan
Menyusun ringkasan teks eksplanasi memperhatikan ide pokok dan menggunakan kalimat efektif
Mengomunikasikan
Membacakan ringkasan yang telah dibuat 
Menerima masukan teman untuk perbaikan ringkasan
1.(individu)
Membaca kembali teks  ekplanasi  yang telah dibuat
Menjawab/mengajukan pertanyaan isi teks eksplanasi (pertanyaan literal, inferensial, integratif, kritis)
Mengidentifikasi intisari teks mulai dari  pernyataan umum, rangkaian tahapan/proses, dan simpulan
Menyusun ringkasan teks dengan memperhatikan ide pokok dan menggunakan kalimat efektif
Mengomunikasikan
Membacakan ringkasan yang telah dibuat 
Menerima masukan teman untuk perbaikan ringkasanJenis Tagihan:
Tugas individu, meringkas teks eksplanasi 
Tugas kelompok, meringkas teks eksplanasi 

Bentuk Instrumen:
Uji petik kerja, meringkas teks eksplanasi dalam bentuk peta konsep
Format pengamatan sikap untuk meniulai kesantunan dalam menanggapi presentasi teman/kelompok lain1x6jpContoh teks eksplanasi dari internet
Contoh teks eksplanasi dari media massa cetak
Buku referensi tentang genre teks
TEKS CERPEN
3.1Memahami teks hasil observasi, tanggapan deskriptif, eksposisi, eksplanasi, dan cerita pendek baik melalui lisan maupun tulisan
1.Pengenalan struktur teks cerpen
Struktur isi:
(1) judul, (2) perkenalan, memperkenalkan siapa para pelaku, apa yang dialami pelaku, dan di mana terjadinya peristiwa, (3) komplikasi, konflik muncul dan para pelaku mulai bereaksi terhadap konflik, kemudian konflik meningkat (4) klimaks, konflik mencapai puncaknya,  (5) penyelesaian, konflik terpecahkan dan menemukan penyelesaiannya, dan (6) amanat/pesan moral (tersurat/tersirat).

Ciri Bahasa
Memuat kata-kata sifat untuk mendeskripsikan pelaku, penampilan fisik, atau kepribadiannya.
Memuat kata-kata keterangan untuk menggambarkan latar (latar waktu, tempat, 
dan suasana)
Memuat kata kerja yang menunjukkan peristiwa-peristiwa yang dialami para 
pelaku
Memuat sudut pandang pengarang(point of view)
2.2. Pemahaman isi teks cerpenMengamati :
Membaca teks cerpen  dengan cermat
Menanya
mempertanyakan tentang teks cerpen  ( struktur dan ciri-ciri bahasa)
Mengeksplorasikan
Menjawab/mengajukan pertanyaan isi teks cerpen
Mendiskusikan  struktur isi teks cerpen  (judul, tokoh dan penokohan, latar, konflik, klimaks, leraian, amanat)
Mendiskusikan  ciri bahasa teks  cerpen
Mengasosiasikan
Mengaitkan isi cerpen dengan kehidupan nyata
Mengomunikasikan
Menjelaskan  teks  cerpen dari segi struktur dan ciri-ciri bahasa:
-kata-kata sifat untuk mendeskripsikan pelaku, penampilan fisik, atau kepribadiannya.
-kata-kata keterangan untuk menggambarkan latar (latar waktu, tempat, 
dan suasana)
-Kata kerja yang menunjukkan peristiwa-peristiwa yang dialami para 
pelaku
-Sudut pandang pengarang(point of view)
Jenis Tagihan:
Tugas individu, menenmukan contoh teks cerpen
Tugas kelompok, mengidentifikasi struktur isi dan ciri bahasa teks cerpen
Tes tertulis, menjawab pertanyaan tenrkait isi teks cerpen

Bentuk Instrumen:
Unjuk kerja, mempresentasikan hasil diskusi. 
Uraian bebas dan pilihan ganda, mengidentiifikasi struktur isi dan ciri bahasa teks cerpen dan menjawab/mengaju-kan pertanyaan tentang isi teks cerpen.
Format pengamatan sikap untuk menilai rasa percaya diri, kesantunan, dan kecermatan.
Contoh teks cerpen dari internet
Contoh teks cerpen dari media massa cetak
Buku kumpulan cerpen
Buku referensi tentang genre teks
2.2Membedakan teks hasil observasi, tanggapan deskriptif, eksposisi, eksplanasi, dan cerita pendek baik melalui lisan maupun tulisan
1.Perbedaan teks cerpen dengan teks hasil observasi dilihat dari struktur isi 
2.Perbedaan teks cerpen dengan teks hasil observasi dilihat dari fitur bahasanyaMengamati
Membaca teks cerpen dengan cermat
Membaca contoh teks hasil observasi
Menanya
Menanya hal-hal yang berkaitan dengan  cara membedakan teks cerpen dengan teks lain

Mengesplorasikan
Mendiskusikan persamaan teks cerpen dan hasil observasi (atau teks lainnya)  dari struktur isnya
Mendiskusikan perbedaan teks cerpen dan hasil observasi  (atau teks lainnya) dari  fitur bahasanya
Mengasosiasikan
Mengidentifikasi teks cerpen yang pernah dibaca dan memahami strukturnya berdasarkan pemahaman yang telah  dipelajari
Mengomunikasikan
Menjelaskan struktur cerpen dengan kalimat efektifJenis Tagihan:
Tugas individu, menemukan perbedaan teks cerpen dan teks hasil observasi  dilihat dari struktur isi dan fitur bahasanya
Tugas kelompok, mengidentifikasi perbedaan struktur isi dan ciri bahasa teks cerpen dengan teks hasil observasi
Tes tertulis, menemukan perbedaan teks cerpen dan teks hasil observasi dilihat dari struktur isi dan fitur bahasanya

Bentuk Instrumen:
Uji petik  kerja, menemukan contoh teks cerpen
Uraian bebas dan pilihan ganda, mengidentiifikasi perbedaan struktur isi dan ciri bahasa teks cerpen dan teks hasil observasi 
Format pengamatan sikap untuk menilai rasa percaya diri, kesantunan, dan kecermatan1x6jpContoh teks cerpen dari internet
Contoh teks cerpen dari media massa cetak
Buku kumpulan cerpen
Buku referen-si tentang genre teks
3.4 Mengidentifikasi kekurangan teks hasil observasi, tanggapan deskriptif, eksposisi, eksplanasi, dan cerita pendek berdasarkan kaidah-kaidah teks baik melalui lisan maupun tulisanLangkah-langkah menemukan kelebihan/kekurangan teks cerpenMengamati
Membaca teks cerpen dengan cermat
Menanya
Menanya tentang hal-hal yang berkaitan dengan cara menilai kelabihan dan kekurangan sebuah cerpen
Menegeksplorasikan
1.(berkelompok)
Membaca contoh hasil  identifikasi  kelebihan/kekurangan teks cerpen
Membaca teks cerpen  teks cerpen yang dipilih siswa
Mendiskusikan kelebihan/kekurangan teks cerpen yang ditemukan  dengan alas an dan data/kutipan yang mendukung
Mengomunikasikan
1)Mempresentasikan hasil diskusi dengan penuh rasa percaya diri
2)Menanggapi presentasi teman/kelompok lain secara santun
2.(individu)
Membaca contoh hasil  identifikasi  kelebihan/kekurangan teks cerpen
Membaca teks cerpen  teks cerpen yang dipilih siswa
Menuliskan kelebihan/kekurangan teks cerpen dengan lasan dan data/kutipan yang mendukung
Mengomunikasikan
Membacakan hasil telaah pribadi  tentang cerpen yang dipilih dengan alasan dan data yang mendukung dan dengan percaya diri
Menanggapi masukan teman untuk perbaikanJenis Tagihan:
Tugas individu, mengidentifikasi kelebihan/kekurangan teks cerpen 
Tugas kelompok, mendiskusikan kelebihan/kekurangan teks cerpen 

Bentuk Instrumen:
Uji petik kerja, mengidentifikasi kelebihan/kekurangan teks cerpen 
format pengamatan sikap untuk menilai rasa percaya diri, kesantunan, dan kejujuran dalam identifikasi 
kelebihan/kekurangan teks cerpen
1x6jpContoh teks cerpen dari internet
Contoh teks cerpen dari media massa cetak
Buku kumpulan cerpen
Buku referensi tentang genre teks
4.1Menangkap makna teks hasil observasi, tanggapan deskriptif, eksposisi, eksplanasi, dan cerita pendek baik secara lisan maupun tulisan
1.Pemahaman kata, istilah dalam teks cerpen
2.Pemahaman isi teks cerpenMengamati
Membaca teks cerpen
Menanya
Menanya tentang makna dalam cerpen
Mengeksplorasikan
Mendiskusikan makna kalimat  atau kata yang diucapkan  tokoh dalam teks cerpen yang dibaca
Membuat  kalimat lain yang maknanya sama
Menjawab/mengajukan pertanyaan terkait dengan isi teks cerpen (pertanyaan literal, inferensial, integratif, kritis)
Mengasosiasikan
Mengidentifisikasi  teks cerpen lain yang pernah dibaca 
Mengomunikasikan
Saling menilai kebenaran jawaban teman secara santunJenis Tagihan:
Tugas individu, menjawab pertanyaan isi teks cerpen
Tugas kelompok, mendiskusikan kata-kata sulit dan istilah dalam teks cerpen yang dibaca

Bentuk Instrumen:
Tes tulis menjawab pertanyaan isi teks cerpen
Format pengamatan sikap untuk menilai kesantunan dalam menilai jawaban teman1x6jpContoh teks cerpen dari internet
Contoh teks cerpen dari media massa cetak
Buku kumpulan cerpen
Buku referensi tentang genre teks
4.2Menyusun teks hasil observasi, tanggapan deskriptif, eksposisi, eksplanasi, dan cerita pendek sesuai dengan karakteristik teks yang akan dibuat  baik secara lisan maupun tulisan
Langkah Menyusun teks cerpen
Menemukan bahan untuk menulis cerpen dari berbegai sumber (pengalaman pribadi, pengalaman orang lain, berita di televisi, koran majalah, dll.)
Mengembangkan garis besar kerangka/alur cerpen
Menulis pembuka cerpen (orientasi/perkenalan tokoh dan peristiwanhya)
Menghidupkan tokoh dengan dialog
Mengembangkan latar untuk menghidupkan cerita
Menulis penyelesaianMengamati
Mendengarkan lagu  tentang kisah seseorang yang membahagiakan, menyedihkan, mengharukan, membahagiakan, dll.
Mis : lagu Chrisye, Ebiet, grup band remaja, dll.
Menanya
Menanya cara membuat cerpen berdasarkan pengalaman diri sendiri/orang lain dari lagu atau cerita yang didengar
Mengeksplorasikan
1.(berkelompok)
Menemukan bahan untuk menulis cerpen dari berbegai sumber (pengalaman pribadi, pengalaman orang lain, berita di televisi, koran majalah, dll.)
Mengembangkan garis besar kerangka/alur cerpen
Menulis pembuka cerpen (orientasi/perkenalan tokoh dan peristiwanhya)
Menghidupkan tokoh dengan dialog
Membuat klimaks cerita
Mengembangkan latar untuk menghidupkan cerita
Menulis penyelesaian cerpen
Mengomunikasikan
Mempresentasikan cerpen yang telah dibuat  dengan lafal dan intonasi serta penghayatan yang tepat
Menanggapi masukan teman  yang berkaitan dengan pengembangan cerpen
2.(individu)
Menemukan bahan untuk menulis cerpen dari berba
gai sumber (pengalaman pribadi, pengalaman orang lain, berita di televisi, koran majalah, dll.)
Mengembangkan garis besar kerangka/alur cerpen
Menulis pembuka cerpen (orientasi/perkenalan tokoh dan peristiwanhya)
Menghidupkan tokoh dengan dialog
Membuat klimaks cerita
Mengembangkan latar untuk menghidupkan cerita
Menulis penyelesaian cerpen
Mengomunikasikan
Mempresentasikan cerpen yang telah dibuat  dengan lafal dan intonasi serta penghayatan yang tepat
Menanggapi masukan teman  yang berkaitan dengan pengembangan cerpenJenis Tagihan:
Tugas individu, menyusun teks cerpen


Bentuk Instrumen:
Uji petik kerja, menyusun teks cerpen
Format pengamatan sikap untuk menilai kreativitas dalam menyusun teks cerpen2x6jpContoh teks cerpen dari internet
Contoh teks cerpen dari media massa cetak
Buku kumpulan cerpen
Buku referensi tentang genre teks
4.3Menelaah dan merevisi teks hasil observasi, tanggapan deskriptif, eksposisi, eksplanasi,  dan cerita pendek sesuai dengan struktur dan kaidah teks baik secara lisan maupun tulisan
Aspek penelahaan teks cerpen
Menelaah judul teks cerpen
Menelaah rasionalitas alur cerpen
Menelaah penggambaran tokoh dan perwatakannya
Menelaah penggambaran latar teks cerpen
Menealaah amanat/pesan/tema teks cerpen
Menelaah bahasa teks cerpen: struktur kalimat, ejaan, tanda baca
3.Merevisi isi dan bahasa teks cerpenMengamati
Membaca teks cerpen yang telah ditulis kelompok lain
Menanya
Menanya cara menelaah dan merevisi  tek cerpen
Mengeksplorasikan
(berkelompok
Menelaah teks cerpen yang telah ditulis kelompok lain dari aspek judul, alur, tokoh dan perwatakannya, latar, tema/amanat/pesan secara jujur
Merevisi teks cerpen sesuai degan hasil penelaahaan
       Mengomunikasikan
Membacakan hasil revisi kepada kelompok lain dengan  bahasa yang lugas
(individu)
Menelaah teks cerpen yang telah ditulis teman lain dari aspek judul, alur, tokoh dan perwatakannya, latar, tema/amanat/pesan secara jujur
Merevisi teks cerpen sesuai degan hasil penelaahaan
       Mengomunikasikan
Membacakan hasil revisi kepada kelompok lain dengan  bahasa yang lugasJenis Tagihan:
Tugas individu, menelaah teks cerpen yang ditulis teman
Tugas kelompok, menelaah dan merevisi  teks cerpen yang ditulis kelompok lain

Bentuk Instrumen:
Uji petik kerja, menelaah dan merevisi  teks cerpen yang ditulis teman/kelompok lain
Format pengamatan sikap untuk menilai kejujuran dalam menelaah teks cerpen milik teman/kelompok lain2x6jpContoh teks cerpen dari internet
Contoh teks cerpen dari media massa cetak
Buku kumpulan cerpen
Buku referensi tentang genre teks
4.4 Meringkas teks hasil observasi, tanggapan deskriptif, eksposisi, eksplanasi, dan cerita pendek baik secara lisan maupun tulisanLangkah menyusun ringkasan:
membaca teks cerpen
mengidentifikasi intisari teks mulai dari tahap perkenalan, konflik, klimaks, dan penyelesaian.Mengamati
Membaca teks cerpen yang telah dibuat
Menanya
Menanya tentang cara meringkas cerpen
Mengeksplorasikan 
1.(berkelompok)
Mengidentifikasi intisari teks mulai dari tahap perkenalan, konflik, klimaks, dan penyelesaian
Menyusun intisari teks cerpen dengan memperhatikan pokok-pokok gagasan
Mengomunikasikan
Mempresentasikan hasil ringkasan dengan kalimat lugas
Menanggapi presentasi teman/kelompok secara santun
2.(individu)
Mengidentifikasi intisari teks  cerpen mulai dari tahap perkenalan, konflik, klimaks, dan penyelesaian
Menyusun intisari teks cerpen dengan memperhatikan pokok-pokok gagasan
Mengomunikasikan
Mempresentasikan hasil ringkasan dengan kalimat lugas
Menanggapi presentasi teman/kelompok secara santunJenis Tagihan:
Tugas individu, meringkas teks cerpen 

Bentuk Instrumen:
Uji petik kerja, meringkas teks cerpen 
Format pengamatan sikap untuk menilai kesantunan dalam menanggapi presentasi teman/kelompok lain1x6jpContoh teks cerpen dari internet
Contoh teks cerpen dari media massa cetak
Buku kumpulan cerpen
Buku referensi tentang genre teks

Demikian sekilas yang dapat Kami sampaikan untuk Perangakat Pembelajaran Kurikulum 2013 Bahasa Indonesia Kelas 7 untuk lebih lengkapnya Bapak dan Ibu dapat mendownloadnya pada link dibawah ini secara lengkap.


Demikianlah Artikel Download Perangakat Pembelajaran RPP SILABUS PROTA PROMES Kurikulum 2013 Bahasa Indonesia Revisi Kelas 7

Sekianlah artikel Download Perangakat Pembelajaran RPP SILABUS PROTA PROMES Kurikulum 2013 Bahasa Indonesia Revisi Kelas 7 kali ini, Semoga dengan adanya file yang Admin bagikan/Share di atas bisa membantu dan memenuhi Semua Kelengakapan Administrasinya di Sekolah/ Madrasahnya masing-masing demi peningkatan mutu pendidikan dalam menghadapi era globlisai dan modernisasi.

Aplikasi/Admnistrasi Guru Lainnya :

    Tidak ada komentar:

    Posting Komentar