Sabtu, 16 Desember 2017

Materi Modul PPK KS (Kepala Sekolah) Terbaru Jilid Kedua

Posted by on Sabtu, 16 Desember 2017
Materi Modul PPK KS (Kepala Sekolah) Terbaru Jilid Kedua
Materi Modul PPK KS (Kepala Sekolah) Terbaru Jilid Kedua Tahun 2017 - Penguatan Pendidikan Karakter (PPK) merupakan kebijakan pendidikan yang tujuan utamanya adalah untuk mengimplementasikan Nawacita Presiden Joko Widodo – Jusuf Kalla dalam sistem pendidikan nasional. Kebijakan PPK ini terintegrasi dalam Gerakan Nasional Revolusi Mental (GNRM) yaitu perubahan cara berpikir, bersikap, dan bertindak menjadi lebih baik. Nilai-nilai utama PPK adalah religius, nasionalis, mandiri, gotong royong dan integritas. Nilai-nilai ini ingin ditanamkan dan dipraktikkan melalui sistem pendidikan nasional agar diketahui, dipahami, dan diterapkan di seluruh sendi kehidupan di sekolah dan di masyarakat. PPK lahir karena kesadaran akan tantangan ke depan yang semakin kompleks dan tidak pasti, namun sekaligus melihat ada banyak harapan bagi masa depan bangsa. Hal ini menuntut lembaga pendidikan untuk mempersiapkan peserta didik secara keilmuan dan kepribadian, berupa individu-individu yang kokoh dalam nilai-nilai moral, spiritual dan keilmuan. Memahami latar belakang, urgensi, dan konsep dasar PPK menjadi sangat penting bagi kepala sekolah agar dapat menerapkannya sesuai dengan konteks pendidikan di daerah masing-masing.

Pembagian Materi Modul PPK Kelas Sekolah Versi Final

Materi Pelatihan terdiri dari 7 Modul pelatihan, yang terstruktur sebagai berikut:
Modul 1 – Kebijakan dan Konsep Dasar PPK
Materi: Latar belakang, alasan, urgensi, narasi kebijakan dan regulasi tentang Penguatan Pendidikan Karakter.

Modul 2 – Manajemen dan Kepemimpinan Sekolah
Materi: Peranan, tugas, tanggung jawab kepala sekolah dalam pengembangan PPK di sekolahnya, pengembangan jaringan tripusat, analisis potensi lingkungan, transparansi dan akuntabilitas keuangan

Modul 3 – PPK Berbasis Kelas
Materi: Mengintegrasikan pendidikan karakter dalam pembelajaran, memahami pengelolaan kelas dan metodologi pembelajaran untuk memperkuat PPK melalui pembelajaran tematik maupun terintegrasi dalam mata pelajaran.

Modul 4 – PPK Berbasis Budaya Sekolah
Materi: Memahami PPK berbasis budaya sekolah, pembiasaan-pembiasaan dan tradisi sekolah, kegiatan ekstrakurikuler dan evaluasi tata peraturan.

Modul 5 – PPK Berbasis Masyarakat
Materi: Penguatan PPK melalui berbagai macam program kegiatan dalam kerja sama dengan komunitas, lembaga, dan para pemangku kepentingan lain, peranan orang tua, dan komite sekolah.

Modul 6 – Penilaian dan Evaluasi PPK
Materi: Konsep dasar penilaian dan evaluasi PPK (penilai, metode, prinsip) dan indikator-indikator dalam mengevaluasi keberhasilan, cara menghitung skor penilaian dan mempergunakan rubrik penilaian PPK.

Modul 7 – Desain Rencana Tindak Lanjut
Materi: Mendesain rencana tindak lanjut sekolah.

Itulah Sekilas yang dapat Admin sampaikan mengenai Materi Modul PPK KS (Kepala Sekolah) Terbaru Jilid Kedua lebih lengkap dan jelas mengenai isi dari Buku/modul tersebut Bapak dan Ibu dapat mendownloadnya pada link di bawah ini.
Download Materi Modul Penguatan Pendidikan Karakter  Kepala Sekolah  Jilid Kedua


Demikianlah Artikel Materi Modul PPK KS (Kepala Sekolah) Terbaru Jilid Kedua

Sekianlah artikel Materi Modul PPK KS (Kepala Sekolah) Terbaru Jilid Kedua kali ini, Semoga dengan adanya file yang Admin bagikan/Share di atas bisa membantu dan memenuhi Semua Kelengakapan Administrasinya di Sekolah/ Madrasahnya masing-masing demi peningkatan mutu pendidikan dalam menghadapi era globlisai dan modernisasi.

Aplikasi/Admnistrasi Guru Lainnya :

    Tidak ada komentar:

    Posting Komentar